Lowongan CPNS akan Dihentikan Selama 5 Tahun ke Depan



Yuddy Chrisnandi, MenPAN-RB
Para pemburu lowongan CPNS siap-sap kecewa. Pasalnya, pemerintahan Jokowi-JK  akan melakukan moratorium penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) selama 5 tahun. Artinya, ini lebih lama dari penangguhan yang pernah dilakukan oleh pemerintahan SBY-Boediono yang hanya 2 tahun. Dan, penundaan rekrutmen CPNS kali ini untuk seluruh instansi, baik pusat dan daerah.

Yuddy Chrisnandi, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), kepada pers pada Selasa (28/10) mengatakan, "Atas petunjuk Presiden Jokowi yang disampaikan lewat Pak Wapres, akan diberlakukan moratorium. Mulai moratorium PNS, kehutanan, pertambangan, dan semua kementerian."

Menurutnya, tujuan moratorium ini untuk memberikan kesempatan kepada seluruh instansi melakukan audit organisasi. Dengan begitu maka dapat diketahui berapa angka ideal PNS di Indonesia.

"Semua kementerian harus moratorium CPNS. Dalam masa moratorium lima tahun ini silakan melakukan audit organisasi!" tegas politikus Hanura ini.

Tentang rekruitmen CPNS 2014 yang masih berjalan, Yuddy mengatakan kalau itu akan dibiarkan berlanjut. Tapi untuk tahun depan, kebijakan penerimaan CPNS akan dikaji kembali sehingga perlu ada moratorium.

Perlu diketahui, dari data Kemen PAN-RB tercatat bahwa jumlah PNS di seluruh Indonesia untuk tahun 2013 mencapai 4,3 juta orang. Jumlah tersebut berkurang banyak karena adanya moratorium 2010-2011—di samping kuota penerimaan CPNS 2012-2014 yang terus berkurang.

Sumber: http://www.jpnn.com/read/2014/10/28/266406/Lima-Tahun-Tidak-Ada-Rekrutmen-CPNS

0 Response to "Lowongan CPNS akan Dihentikan Selama 5 Tahun ke Depan"

Post a Comment