APAKAH BLOG SAYA TIDAK BISA DILIHAT ORANG LAIN KARENA TERKENA GOOGLE SANDBOOK?


sumber: updateslaluz.blogspot.com


Beberapa hari ini, saya sempet agak bingung bin jengkel setelah mengetahui blog pribadi tidak bisa dibuka. Tiap kali membuka alamat URL website http://yenese.com/ di browser Mozilla, selalu muncul tulisan:
 “Server not found
Firefox can't find the server at www.yunese.com.
    *   Check the address for typing errors such as
          ww.example.com instead of
          www.example.com
    *   If you are unable to load any pages, check your computer's network
          connection.
    *   If your computer or network is protected by a firewall or proxy, make sure
          that Firefox is permitted to access the Web.”
Awalnya, saya mengira kalau yang ada masalah cuma komputer atau layanan internetnya. Selanjutnya ketika dibuka di tempat lain nggak bisa, saya menduga blog saya di-hack orang. Tetapi, ketika saya sign in ke Blogger, ternyata bisa masuk. Lalu, saya lihat di statistik, pageviews today = 0, pageviews yerterday juga kosong. Saya baru sadar kalau blog saya ternyata tidak bisa dilihat oleh semua orang, bisanya hanya dilihat saya sendiri lewat log in, itu pun tidak bisa page view. Ada apa gerangan?
Setelah itu saya ketemu seorang teman. Ternyata web-nya juga pernah mengalami hal seperti itu. Katanya itu masalah hosting-nya. Saya pun berencana untuk menemui seorang yang mengurusi hosting atau domain saya.
Sehari kemudian, saya coba iseng membuka blog temanku yang dulu saya titipi mengurus domain atau hosting (dia juga mengurus hostingnya satu tempat dengan saya) . Ternyata, blog-nya juga tidak bisa dibuka. Lalu, saya sms teman saya itu untuk meminta nomer si pengurus domain dan memberi tahu bahwa blog-nya juga tidak bisa dibuka. Dia pun mengaku belum tahu karena sudah lama tidak ngurus blognya itu. Dan, ia malah ngasih informasi kalau blog-nya mungkin sudah terkena google sandbook.
Saya yang baru denger tentang google sandbox, akhirnya searching di mbah Google untuk mengetahui tentang google sandbox ini. Saya pun jadi tahu, bahwa Google Sandbox adalah tempat sementara sebuah situs atau blog diparkir sehingga hilang dari peredaran. Google pun menilainya, apakah alamat tersebut layak muncul dalam SERP (Search Engine Result Pages) atau tidak. Biasanya situs yang terkena efek ini adalah yang umurnya masih muda, plagiat, atau terlalu banyak mengakali SEO. Dan, ada blog yang terkena google sandbox secara total maupun sebagian artikelnya.
Akhirnya saya menemukan artikel tentang “Cara Keluar dari Google Sandbox” by   Acehsaya.com di http://forum.kompas.com/. Dalam artikel ini dipaparkan beberapa cara agar postingan atau blog yang terkena efek sandbox segera kembali ke peredaran–dalam arti lain terindeks kembali oleh Google. Pada umumnya, sebuah blog yang terkena efek sandbox akan keluar setelah beberapa bulan. Namun, dengan beberapa cara ini, akan membuat blog lebih cepat keluar dari Google Sandbox. Adapun berikut ini caranya:
1.         Edit artikel yang terkena efek sandbox dengan menambahkan beberapa kata atau kalimat baru. Cek link yang ada, pastikan tidak ada yang broken link. Anda juga bisa tambahkan beberapa link atau menguranginya. Intinya lakukan update pada postingan yang bersangkutan.
2.         Buat postingan yang berhubungan dengan Google Sandbox, dan arahkan link ke postingan yang terkena efek tersebut.
3.         Jangan gunakan dulu jasa SEO lainnya karena blog Anda lagi dalam karantina google.
4.         Resubmit Sitemap blog Anda dengan menggunakan bantuan Google Webmaster Tools.
5.         Berikan beberapa backlink berkualitas ke postingan yang bersangkutan. Anda bisa lakukan dengan berkomentar di blog lain atau menaruh link tersebut di blog dummy Anda.
6.         Dan yang terakhir adalah "berdoa" semoga blog Anda lekas keluar dari efek ini dan dapat diindeks kembali oleh Google.co.id
Jika memang blog saya ini terkena google sandbox, semoga lekas terbebas dari kungkungannya. Semoga dapat beredar lagi di mesin pencari sehingga bisa informasinya bisa dinikmati. Karena niat saya membuat blog ini hanyalah berbagi, semoga tetap diberkahi. Amin.

0 Response to "APAKAH BLOG SAYA TIDAK BISA DILIHAT ORANG LAIN KARENA TERKENA GOOGLE SANDBOOK?"

Post a Comment