Daftar Komunitas Arsitektur Yogyakarta


 HIMA TRICAKA ATMA JAYA
Kampus II Santo Thomas Aquinas Jl Babarsari No. 44 Kotak Pos 1068 | 0274565411

Ini adalah komunitas arsitektur dari Himpunan Mahasiswa Arsitektur Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Tricaka berasal dari 3 pilar utama yang menjadi penopang pada kampus Thomas Aquinas. (yunese.com) Tricaka juga menjadi tiga kegiatan utama di komunitas ini. Tiga kegiatan utama itu ialah Wanaprasta, Sepekan Arsitektur, dan Musyawarah Mahasiswa Arsitektur Dan Pemilu. Organisasi ini bertujuan mewadahi aspirasi mahasiswa Program Studi Arsitektur Universitas Atma Jaya. Hima Tricaka berdiri pada 1987 sebagai Himpunan mahasiswa Teknik Arsitektur (HMTA). Sedangkan tahun 1996 teknik diganti dengan Prodi, maka berubah menjadi HIMA (Himpunan mahasiswa Arsitektur) hingga sekarang.

HIMPUNAN DESAINER INTERIOR INDONESIA (HDII) DIY
ISI FSRD-Jurusan D. Interior Jl Parangtritis Km 6 Sewon | 0274 417219

HDII berkantor pusat di DKI Jakarta, sedang HDII DIY di ISI FSRD Jurusan Desain Interior. Tugas HDII ialah mensosialisasikan, menghimpun anggota dan mendukung pelaksanaan sertifikasi HDII. Sesuai dengan undang-undang tenaga kerja bidang desain interior harus memiliki sertifikat yang dikeluarkan HDII. Sertifikat keahlian (SKA) ialah hasil sertifikasi bahwa seorang tenaga kerja telah berkompeten dan berkemampuan yang diregistrasi pada lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional (LPJKN). Banyak keuntungan diperoleh anggota HDII. Secara berkala HDII mengadakan acara seminar, workshop, diskusi dan visiting. Mengetahui perkembangan terkini produk-produk yang berhubungan dengan interior, menguasai teknologi, smart dalam mendesain adalah beberapa faktor penting yang harus dimiliki desainer interior. Bersama dengan beberapa industri, secara berkala HDII mengadakan sosialisasi profesi desainer interior terhadap masyarakat.

IKATAN ARSITEK INDONESIA (IAI) CABANG YOGYAKARTA
Jalan Kemetiran Kidul 54 | iai_diy@yahoo.co.id | 0274515036

Didirikan pada 17 September 1959 di Bandung. IAI aktif dalam kegiatan internasional melalui keanggotaannya di Architects Regional Council of Asia (ARCASIA) sejak tahun 1972 dan di Union Internationale des Architectes (UIA) sejak 1974. Di Asean Association Planning and Housing (AAPH), IAI menjadi salah satu pendirinya. Di dalam negeri selain bermitra dengan pemerintah, IAI aktif bergaul dengan asosiasi profesi lain. Sejarah IAI dimulai sejak Ir. Soehartono Soesilo yang mewakili biro arsitektur PT Budaya dan Ars. F. Silaban mengadakan pertemuan besar pertama para arsitek dua generasi di Bandung pada 16 dan 17 September 1959. Pertemuan ini dihadiri 21 orang, tiga arsitek senior, yaitu Ars. F. Silaban, Ars. Mohammad Soesilo, Ars. Lim Bwan Tjie dan 18 orang arsitek muda lulusan pertama Jurusan Arsitektur ITB tahun 1958 dan 1959. Tanggal 17 September 1959 malam berdirilah satu-satunya lembaga tertinggi arsitektur profesional Indonesia IAI. Kepengurusan nasional IAI berkedudukan di Jakarta. Kepengurusan daerah berkedudukan di ibukota provinsi dan kepengurusan cabang di ibukota kabupaten. Salah satu kepengurusan daerahnya ada di Yogyakarta. Tujuan IAI adalah membina dan mengembangkan profesi arsitek di Indonesia.

IKATAN MAHASISWA ARSITEKTUR YOGYAKARTA (IMAYOG)
Kampus II Santo Thomas Aquinas Jl Babarsari No. 44 | groups.yahoo.com/group/imayog

Sekelompok mahasiswa arsitektur yang bergabung dalam Ikatan Mahasiswa Arsitektur Yogyakarta di Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW), Atmajaya, Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Widya Mataram, AT YKPN, dan Universitas Islam Indonesia (UII). Kelompok ini adalah sempalan dari keluarga besar Mahasiswa Arsitektur Indonesia (MAI). Imayog yang berdiri pada 1 April 2001 menjadi wadah bagi mahasiswa arsitektur di Yogyakarta untuk berkarya. Hingga kini kepengurusannya telah mengalami tiga kali pergantian. Ketua pertama adalah Affi Aditya Kresna (UII) periode 2001-2002, selanjutnya pada periode 2002-2005 diketuai Nedyomukti Imam Syafi’i (UGM), dan periode 2005-2009 adalah Tito Adhiarta (UAJY).

INTERIOR DESIGN JOGJA
Kampus ISI Yogyakarta Jl Paris Km 6 Sewon

Komunitas yang dibentuk mahasiswa desain interior ISI angkatan 1999. Komunitas ini eksis selama 1999-2008.

JOGJA HERITAGE SOCIETY (JHS)
Jl Surokarsan No. 24 | jogjapusaka@yahoo.com | 0274 375758

Organisasi nirlaba ini didirikan 4 Juli 1991 dan berbadan hukum 1 Mei 1998. Keanggotaannya terbuka untuk perorangan yang berminat terhadap pelestarian benda pusaka. JHS bertujuan menyebarluaskan pentingnya pelestarian pusaka alam, pusaka budaya, dan pusaka saujana. Kegiatannya melingkupi informasi dan publikasi. Pada bidang pendidikan JHS menyelenggarakan diskusi, seminar, pelatihan dan penelitian, misalnya pendokumentasian.

KELUARGA MAHASISWA TEKNIK ARSITEKTUR (KMTA)
Kampus Jurusan Teknik Arsitektur FT-UGM Jl Grafika No. 2 Bulaksumur | wiswakharman@usa.net, arsitekstur@usa.net

Berdiri pada 2 Mei 1963 dengan nama Himpunan Mahasiswa Arsitektur (HMA) “Wiswakharman. HMA diprakarsai sekelompok mahasiswa arsitektur UGM, di antaranya Abdul Halim, W. Wierdan, Arya Ronald, Ra. Wondoamiseno, JF. Sunandar, dan Suryantoro. Nama Wiswakharman, arsitek Candi Prambanan, diberikan Ir. Sampurno Samingoen. Wiswakharman dalam kepercayaan Hindu adalah nama bagawan atau pandita, bersemayan di pusat hati yang mengilhami Undagi (ahli bangunan) menciptakan bangunan. Kepengurusan pertama HMA tahun 1963 diketuai M. Wierdan. Kegiatan yang menonjol saat itu adalah menyelenggarakan pameran dan memperkenalkan dunia arsitektur pada masyarakat. Nama HMA tahun 2003 berubah menjadi Keluarga Mahasiswa Teknik Arsitektur dan Perencanaan (KMTAP) karena adanya progam studi baru di Jurusan Arsitekur UGM, yaitu Progam Studi Perencanaan Wilayah dan Kota. Bulan Maret 2009 tebentuklah dua himpunan di Jurusan Arsitektur dan Perencanaan, yaitu Keluarga Mahasiswa Teknik Arsitektur (KMTA) dan Himpunan Mahasiswa Teknik Perencanaan (HMTP).

Sumber tulisan: Gelaran Almanak Seni Rupa Jogja 1999-2009

0 Response to "Daftar Komunitas Arsitektur Yogyakarta"

Post a Comment