Kerajinan Serat Alam Salam Rejo, Yogyakarta

Alamat: Salam Rejo, Sentolo, Kulon Progo, Yogyakarta.


Kesan sebagai gulma dan parasit pada tanaman enceng gondok tidak akan berbekas lagi setelah mampir ke Desa Salam Rejo, Sentolo, Kulon Progo. Letaknya gampang ditemukan karena Kecamatan Sentolo ini terletak di kawasan tertimur Kulon Progo. Artinya tidak perlu menempuh perjalanan panjang bila ditempuh dari Yogyakarta. Di samping terkenal dengan kerajinan serat alam, Desa Salamrejo juga memiliki sektor usaha pertanian, peternakan, dan penambangan batu kali yang menjadi mata pencaharian utama di samping kerajinan alamnya.
Usaha kerajinan serat alam dimulai pada 1970-an. Mereka memanfaatkan serat daun pohon gebang menjadi bagor sebagai bahan pakaian. Kemudian karena tanaman gebang dianggap tidak memiliki nilai, masyarakat mengganti tanaman gebang dengan tanaman-tanaman pangan. Pada awal 1980, Dinas Perindustrian memberikan pelatihan pembuatan kerajinan dari bahan serat alam. Kerajinan tersebut awalnya berupa kuda lumping, aksesoris, dan tampar. Dengan pelatihan yang diberikan, bahan utamanya berkembang tidak hanya dari pohon gebang, namun juga enceng gondok dan daun pandan.
Pada era tahun 1990, mulai dirintis pembuatan kerajinan berupa tas dari bahan serat alam. Kerajinan ini berbahan dasar pohon gebang yang diolah menjadi agel. Saat ini pemerintah menggalakkan budi daya tanaman gebang yang dipelopori Yayasan Padmanaba dan Departemen Perindustrian dan Perdagangan.

Sumber:  
Gelaran Almanak Senirupa Jogja 1999-2009
 http://gulmamutiaracraft.wordpress.com


0 Response to "Kerajinan Serat Alam Salam Rejo, Yogyakarta"

Post a Comment