Kerajinan Bunga Kering Ngabean, Yogyakarta


Alamat: Ngabean, Triharjo, Pandak, Bantul, Yogyakarta

Bunga kering berbahan alami, ramah lingkungan dan harganya terjangkau. Kerajinan tersebut menjadi sumber pemasukan bagi sebagian besar warga Ngabean. Produk kerajinan bunga kering terdiri 2 macam, yakni berbahan lontar dan natural. Selain itu sisa bahan dimanfaatkan untuk pembuatan souvenir berupa gantungan kunci dan pensil.

Bunga kering dibuat dari pelbagai macam bahan, antara lain: buah rotan, buah cemara, buah butum, gandum-ganduman, buah goyam, bola urat, bunga jengkol, kembang jagung, kelopak buah jagung (klobot), daun anggrek hutan, rambutan hutan, rumput, alang-alang, dan lain-lain. Harganya berkisar antara 1.000 hingga 5.000 rupiah per biji. Pasar utamanya Malioboro dan Kasongan, sedang pesanan luar Yogyakarta, berasal dari Bandung, Jakarta, dan Semarang.

Untuk membuat produk bunga kering, bahan dipilah terlebih dahulu lalu dikeringkan. Setelah bahan disortir lantas dikeringkan atau dijemur dibawah sinar matahari. Proses pengeringan tidak menggunakan alat pengering atau menggunakan panas pengapian, karena hasilnya akan pecah-pecah. Setelah itu dirangkai serta diberi warna, supaya tidak luntur, bahan direbus dulu dan ditambahkan deterjen, benzoat, dan formalin. Ini untuk membuat bunga berwarna cemerlang dan tidak busuk. Kemudian dirangkai sesuai pola, proses ini dapat dilakukan secara manual maupun semi mekanis.

Sumber:  
bantulbiz.com
Gelaran Almanak Senirupa Jogja 1999-2009

0 Response to "Kerajinan Bunga Kering Ngabean, Yogyakarta"

Post a Comment