Kerajinan Bambu dan Batu Nawung, Yogyakarta


Alamat: Nawung, Gayamharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta

Nawung berada di perbukitan Prambanan, perbatasan antara Sleman dan Gunung Kidul. Di dusun wisata ini terdapat beragam perajin, di antaranya perajin batu dan bambu. Olah kerajinan seni ini muncul paska gempa Yogyakarta Mei 2006, setelah berlangsung Program Pemulihan Mata Pencaharian (Livelihood) AtelierArbeiter Samariter Bund (ASB) dari organisasi sosial asal Jerman.

ASB mengadakan pelatihan membuat kerajinan batu dan bambu. Program tersebut mengajarkan masyarakat manfaat bahan alam di sekitar mereka. Dulunya batu dan bambu hanya dijual begitu saja, sekarang mulai diolah menjadi barang kerajinan bernilai seni sehingga mampu meningkatkan penghasilan warga. Di samping itu, ASB juga melakukan pendampingan dalam rangka mempromosikan produk-produk hasil Dusun Nawung. Semisal dengan mengikutkannya pada event-event tertentu, seperti pameran di Ambarukmo Plaza, Joglo Mlati, Fetival Kesenian Yogyakarta , dan lain-lain.
Perintisan terus dilakukan dusun paling timur Kabupaten Sleman ini. Pengelola industri batu terus mengembangkan usaha. Begitu juga perajin bambu, mereka membentuk Baru Muncul, sebuah kelompok handicraft wholesale. Setiap bulan omset memang belum banyak, sekira 3 juta rupiah. Produknya dikenal dengan lombok handicraft berupa boks berukuran 20-25 cm, dijual antara 20 ribu hingga 30 ribu.
Sumber: slemankab.go.id | bebibluu.blogspot.com
Sumber:  
Gelaran Almanak Senirupa Jogja 1999-2009
http://www.ruparagam.com

0 Response to "Kerajinan Bambu dan Batu Nawung, Yogyakarta"

Post a Comment