Galeri Seni: Tujuh Bintang Art Space


Alamat: Sukonandi 7 | tujuhbintang.com | 0274 545577 | fax 0274 583377

Sumber: tujuhbintang.com
Tujuh Bintang Art Space (TuBi) memberi ruang kreasi fleksibel, menjadi penyalur aspirasi seniman tua dan muda. Pemilihan tujuh pada awal galeri ini karena angka tersebut sarat makna. Selain berlokasi di Sukonandi 7, pendiri galeri ini bernama Saptoadi Nugroho. Nah, kata Sapto dalam bahasa Jawa berarti tujuh. (penebar.com)

Unsur alam semesta yang berjumlah 7 seperti lapisan langit, lapisan bumi, tingkatan surga dan neraka, unsur bumi, jenis bintang, dan jumlah hari dalam satu minggu semakin menguatkan makna tujuh. Tak hanya itu, angka tersebut juga melambangkan sifat Allah, yakni Kodrat (Kuasa), Iradat (Kehendak), Ilmu (Mengetahui), Hayat (Hidup), Sama' (Mendengar), Bashar (Melihat), dan Kalam (Berkata-kata).

Sedangkan kata bintang dipatenkan karena dapat diartikan juara, maha, terbaik, juga idola. Harapannya, karya-karya seni yang ditampilkan, dibuat, atau ada di galeri ini dapat menjadi bintang bagi semua kalangan.

Sumber: gudeg.net
TuBi terdiri dua bagian ruang pameran, wing A dan wing B. Wing A merupakan gabungan dari 4 ruang, dapat memuat sekira 28 lukisan. Sedangkan wing B dapat memuat sekira 20 lukisan, ruangan ini lebih kecil karena hanya merupakan gabungan dari 3 ruangan.

Tak hanya berkonsentrasi pada pameran dan galeri lukisan saja, TuBi juga memenuhi kebutuhan peralatan lukis bagi seniman, seperti kanvas, cat, kuas, dan lain-lain dengan menyediakan artshop.

Galeri ini memiliki paket program, Tujuh Bintang Art Award. Sebuah kompetisi yang digelar sebagai bentuk penghargaan terhadap pencapaian prestasi perupa muda. Award ini merupakan bentuk kelekatan hubungan antara TuBi dengan seniman Indonesia.

Sebagai pendukung kegiatan, TuBi menyediakan ruangan administrasi dilengkapi 4 komputer online , gudang penyimpanan lukisan, ruang pembuatan spanram, serta mess untuk menginap para perupa dari luar kota.

Aktivitas Pameran (2008-2009): 15

Sumber: Gelaran Almanak Seni Rupa Jogja 1999-2009

0 Response to "Galeri Seni: Tujuh Bintang Art Space"

Post a Comment