Galeri Seni: Sangkring Art Space


Alamat:
Nitiprayan 88 RT 1 RW 2 Ngestiharjo Kasihan Bantul | sangkringartspace.net | 0274 381031, 381032 | fax 0274 417641

Gedung lama (sumber: sangkringartspace.net)
Berdiri pada 31 Mei 2007, galeri ini merangkul sekaligus menggandeng beragam seni dalam sebuah ruang. Aneka praktik seni digelar juga dipertontonkan, perbedaan dan eksperimen kreativitas dihargai sama tinggi. Berjargon “yang tua dihormati, yang muda dihargai, yang pinggiran diperhatikan, dan yang alternatif diberi kesempatan untuk sama-sama berkarya”, Sangkring Art Space menjadikan dirinya sebagai galeri terbuka, bagi siapa pun. (penebar.com)

Perihal nama Sangkring diambil dari leluhur si pendiri, Putu Sutawijaya. Kata itu sengaja dipilih dengan pertimbangan bahwa nama ini dapat menjadi spirit antara diri dengan masa lampau, juga motivasi untuk melangkah dalam proses kreatif di dunia seni rupa.

Gedung baru (sumber: sangkringartspace.net)
Fasilitas galeri ini memadai, dengan ruang pamer cukup luas, pelbagai aktivitas seni dapat dilakukan dengan leluasa. Bentuk kegiatannya bersifat open-ended management. Artinya, pada acara tertentu, Sangkring Art Space merancang dan mengelolanya secara internal. Di sisi lain, juga menerima tawaran-tawaran kegiatan dari pihak luar secara terbuka. Mekanismenya, dikelola secara swadaya, namun tak menutup kemungkinan bekerja sama dengan pihak atau instansi seni lain.

Sangkring Art Space menghargai perbedaan dan menjunjung tinggi solidarias berkesenian, tanpa memerdulikan asal usul budaya dan ideologi. Dalam perkataan lain galeri ini berkecenderungan menjadi ruang eksperimen bagi semua kalangan dan pelaku seni.

Aktivitas Pameran (2007-2009): 19

Sumber: Gelaran Almanak Seni Rupa Jogja 1999-2009


0 Response to "Galeri Seni: Sangkring Art Space"

Post a Comment