Galeri Seni Rupa: Cemeti Art House, Yogyakarta

Alamat: 
D.I. Panjaitan 41 | 0274 371015 | fax 0274 371015 | cemetiarthouse.com |  cemetiah@indosat.net.id

Sekira 400 pengunjung datang setiap pameran di Cemeti Art House. Melalui kontak jaringan luar kota, lebih 4000 masyarakat serta organisasi mengikuti perkembangan galeri ini tiap bulan. Sejak didirikan tahun1988, galeri milik Nindityo Adipurnomo dan Mella Jaarsma berfungsi sebagai sebuah ruang pameran, informasi, dokumentasi, dan pusat promosi seni visual.

Cemeti Art House fokus terhadap praktik seni, wacana seni, dan manajemen seni. Di galeri ini, wacana seni rupa kontemporer Indonesia didiskusikan. Untuk mengembangkannya dirancang aneka program. Tiap tahun diadakan belasan kegiatan, seperti pameran tunggal, pameran bersama, performance art, diskusi, residensi, dan lain-lain. Tak jarang, galeri ini bekerjasama dengan pelbagai lembaga seni menguratori pameran di tempat lain, baik nasional maupun internasional.

Pernah Cemeti Art House bersama Den Haag Heden mengadakan residensi bagi seniman asal Indonesia dan Belanda dengan nama “Landing Soon. Sebuah proyek pertukaran tiga tahun (2006 - 2009), bertujuan untuk mendorong praktik seni dan wacana seni.

Pada Mei 2004 sampai Mei 2007, galeri ini menjalankan proyek manajemen seni. Mengawasi serta membimbing kaum muda menjadi operasional, manajer dan kurator seni. Infrastruktur seni di Indonesia dirasa belum memadai, maka Cemeti Art House mengambil peran untuk mengembangkan pengetahuan seni profesional. Program tersebut mendapat dukungan The Prince Claus Fund dari Belanda. Dan mulai 2000, Cemeti Art House bekerja sama dengan yayasan KELOLA menyelanggarakan pelatihan manajemen seni, rutin dilakukan selama tiga bulan tiap tahun.

Cemeti Art House merupakan wadah seni visual, yang menawarkan proses pembelajaran bagi pegiat seni untuk berwacana, berkreasi, serta berekspresi.
­­
Aktivitas Pameran (1988-2009): 260
Sumber:  
Gelaran Almanak Seni Rupa Jogja 1999-2009
http://universes-in-universe.org

0 Response to "Galeri Seni Rupa: Cemeti Art House, Yogyakarta"

Post a Comment