Galeri Seni: Kedai Kebun Forum, Yogyakarta


Alamat:
Jl Tirtodipuran 3 | kedaikebun.com | kkforum@indosat.net.id | 0274 376114

Sebagai ruang seni alternatif, Kedai Kebun Forum (KKF) dikelola secara independen oleh seniman. KKF merupakan komunitas untuk belajar, pengkajian serta membangun kepekaan terhadap gejala perubahan sosial. Jalurnya melalui kesenian.

Pada September 1996, KKF yang mulanya restoran, memiliki ruang kosong di belakang dapur. Ruang tersebut kemudian dimanfaatkan secara rutin dan terjadwal untuk pelbagai kegiatan seni; pameran seni rupa, pertunjukan teater, musik, tari, pembacaan puisi atau cerpen, dan diskusi-diskusi budaya.

Aktivitas ruang belakang tersebut berlangsung continou dan secara harmonis.Muncul gagasan untuk membangun sebuah ruang baru bersifat mandiri. Pada Desember 2001, renovasi dimulai, selesai Mei 2003. Pekerjaan terbesar adalah mewujudkan ruang pertunjukan alternatif berstandar akustik dengan biaya rendah. Kini KKF terbagi atas, galeri, ruang pertunjukan, bookstore dan restoran.

Bagi seniman, KKF adalah ruang bermain, mencoba atau menisbikan nilai-nilai mapan kesenian masa kini. Galeri ini menjadi melting pot semua gagasan dan kreativitas di wilayah seni, dengan meniadakan sekat antara seni tinggi dengan seni rendah, seni baik juga seni buruk. Bagi KKF, hal tersebut merupakan bentuk refleksi sosial yang tidak otonom. Seni apapun, mampu dilihat sebagai cerminan pergerakan sosial yang sedang terjadi.

KKF mencipta ruang pergaulan kritis, memberi inspirasi komunitas seni untuk mencari pendapatan alternatif supaya mampu menghidupi dirinya, berlanjut mendukung komunitas seni lain. Inilah pola manajemen seni orisinil dan efisien. Selain merancang kegiatan sendiri, “kedai” ini juga mengakomodasi proposal kuratorial dari pelbagai kalangan untuk menjalin Interaksi antar kalangan dan membuka.

Dalam menjalankan bisnis aktivitasnya, KKF konsisten menerapkan pola manajemen efektif, efisien, dan kontekstual sesuai kebutuhan dan ketersediaan sumber daya. Konsekuensinya, manajemen kedai kebun bergerak dinamis, penuh rekayasa dan kadang tak stabil.

Kedai kebun hadir sebagai alternatif pilihan tatkala peran institusi resmi yang mestinya memberikan pelayanan publik melalui ruang-ruang (kesenian) tak berfungsi. Galeri ini, menyediakan diri sebagai supporting system bagi lembaga lain atau seniman miskin punya ide. Ini adalah komitmen KKF.

Aktivitas Pameran (2008-2009): 25
Sumber: 
Gelaran Almanak Seni Rupa Jogja 1999-2009
kedaikebun.com
http://universes-in-universe.org

0 Response to "Galeri Seni: Kedai Kebun Forum, Yogyakarta"

Post a Comment