Galeri Seni: Jogja National Museum


Alamat:
Amri Yahya 1 Gampingan Wirobrajan | 0274 542085 | fax 0274 586105 | jogjanationalmuseum.org | info@jogjanationalmuseum.org

Sumber: jogjasiana.com
Jogja National Museum (JNM) berdiri dibawah Yayasan Yogyakarta Seni Nusantara (YYSN), yayasan nirlaba berbadan hukum khusus bergerak dalam bidang pelestarian dan pengembangan seni dan budaya. (penebar.com)

Lokasi Jogja National Museum adalah bekas areal Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI)1950 dan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD)1984, cikal bakal Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Setelah kampus ISI terpadu direskan di Jalan Parangtritis km 6 pada 1998, praktis kawasan ini menjadi vakum. Gedungnya tak terawat, padahal dari tempat inilah lahir banyak seniman besar yang mewarnai jagad seni rupa Indonesia bahkan dunia.

Berdasar nilai historis tersebut, Ketua YYS, KPH Wironegoro, merasa terpanggil untuk melestarikan kompleks bangunan bersejarah. Pada 2006, dirombaklah bangunan itu menjadi gedung Jogja National Museum.

Jogja National Museum berkomitmen memberikan perhatian besar terhadap pelestarian dan pengembangan seni budaya, baik di tingkat lokal maupun nasional. Dalam spesifikasi orientasinya, JNM menaruh minat terhadap alternatif ruang presentasi bagi pencapaian estetika karya seni rupa kontemporer Indonesia.

Program kerja Jogja National Museum meliputi pelbagai aspek termasuk pameran seni rupa. Agenda pameran yang diselenggarakan bisa berangkat dari ide sendiri atau para seniman, baik perorangan, komunitas, serta kelembagaan. JNM juga mempromosi seniman-seniman pemula. Untuk mendukung hal tersebut, disediakan Gallery for Citizens, tempat khusus yang dapat digunakan secara cuma-cuma oleh para seniman pemula berunjuk karya. Selain itu, JNM memiliki fasilitas lainseperti gedung utama Jogja National Museum, Fine Art Museum Gallery, pendopo Ajiyasa, ruang seni situs patung dan kriya.

Aktivitas Jogja National Museum lain berbentuk diskusi, seminar, dan lokakarya. Khususnya isu menyangkut perkembangan dunia seni rupa lokal, nasional, maupun internasional. JNM juga menjalin kerjasama lembaga lain, baik dalam maupun luar negeri.

Aktivitas Pameran (2006-2009): 38   

Sumber: Gelaran Almanak Seni Rupa Jogja 1999-2009

ORDER VIA CHAT

Produk : Galeri Seni: Jogja National Museum

Harga :

http://www.penebar.com/2012/03/galeri-seni-jogja-national-museum.html

ORDER VIA MARKETPLACE

Diskusi