SENTRA KERAJINAN KULIT (NON SEPATU) BUGISAN, YOGYAKARTA



Alamat: Bugisan, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Sentra kerajinan kulit non sepatu Bugisan memproduksi tas, dompet, sabuk, gelang, wadak ponsel, wadak kacamata, dan wadak pensil. Bahan utama diambil dari kulit sapi dan kuda, dikomposisikan dengan barang lain seperti rotan dan karton. Barang kerajinan tersebut disetor ke perusahaan-perusahaan di Yogyakarta dan luar kota seperti Jakarta dan Kalimantan. Sejak 80-an Bugisan sudah aktif menggarap kerajinan dari kulit.

Selain dari setoran, pemasukan perajin berasal dari wisatawan yang berkunjung di Yogyakarta. Karena lokasi Bugisan tidak terlalu jauh dengan pusat kota Yogyakarta, kebanyakan turis mampir ke kampung ini untuk berbelanja. Sayang, akibat peristiwa Bom Bali 12 Oktober 2002, kepercayaan publik internasional menurun. Yogyakarta terkena imbas, wisatawan jarang nongol, perputaran uang di Bugisan turut macet. Banyak usaha yang gulung tikar dan beralih profesi.

Jumlah perajin yang tersisa sekira 10 usaha. Jumlah pengunjung di showroom pun sedikit. Upaya bangkit dilakukan sisa pengusaha terakhir dengan memberikan pelayan pada pengunjung serta terus meningkatkan kualitas produk.

Sumber: Gelaran Almanak Seni Rupa Jogja 1999-2009





0 Response to "SENTRA KERAJINAN KULIT (NON SEPATU) BUGISAN, YOGYAKARTA"

Post a Comment