SENTRA KERAJINAN BAMBU: BRAJAN, SENDANGAGUNG, MINGGIR, SLEMAN, YOGYAKARTA



Alamat: Brajan, Sendangagung, Minggir, Sleman, Yogyakarta

Aktivitas mengolah bambu sudah dilakoni warga dusun Brajan sejak 1970-an. Mayoritas penduduknya menggantungkan hidup dari seni mengolah bambu tersebut. Kebanyakan warga memakai rumah mereka sebagai tempat produksi. Perajin Brajan memiliki showroom bersama untuk tempat etalase sample produk, selain masing-masing punya tempat penampungan sendiri.

Kerajinan yang dihasilkan antara lain tempat buah, tempat tisu, kap lampu, aneka tas, dan lain-lain. Produk asal mampu menembus pasar internasional antara lain Malaysia, Belanda, Italia, Jerman, dan Jepang. Sekira lebih dari 6 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mengembangkan usaha di dusun ini. Untuk memberi pelayanan pengunjung, warga dusun ini mengadakan konblokisasi pada 2001. Perbaikan jalan tersebut dilakukan secara gotong-royong, sedangkan konblok dicetak sendiri.

Sejak ditetapkan sebagai desa wisata kerajinan pada 2005, mulai melakukan pelbagai srategi promosi. Salah satunya dengan media online yang dikelola oleh Lembaga Intermediasi Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam Indonesia (DPPM-UII).

Sumber: Gelaran Almanak Seni Rupa Jogja 1999-2009

0 Response to "SENTRA KERAJINAN BAMBU: BRAJAN, SENDANGAGUNG, MINGGIR, SLEMAN, YOGYAKARTA"

Post a Comment