MUSEUM LUKISAN DAN FOTOGRAFI KRATON YOGYAKARTA


Kraton Kasultanan Yogyakarta memiliki beberapa museum, salah satunya museum lukisan dan fotografi. Lokasinya menempati dua gedung di Kasatriyan Kraton. Beragam lukisan serta foto ihwal Kraton Yogyakarta tersimpan di museum ini.

Gedung pertama berada di sebelah timur, sekira terdapat 11 lukisan dan 10 foto. Di tempat ini disimpan karya Raden Saleh, yakni lukisan Sri Sultan Hamengku Buwono IV sedang menaiki kuda putih (dilukis 1862), lukisan Sri Sultan Hamengku Buwono VI berbusana sikepan, serta lukisan Sri Sultan Hamengku Buwono VII semasa kanak-kanak. Ruangan ini juga menyimpan lukisan karya Jayeng Asmara. Sedang koleksi foto kebanyakan memotret tentang upacara dan kerabat kraton.

Pada bangunan kedua sebelah Selatan, dibagi 3 ruang. Selain foto, puluhan lukisan karya Mardjono, Wignjo Soewarno, Soemarkoen, dan Atmo Soebroto. Terdapat juga lukisan-lukisan Sri Sultan Hamengku Buwono dan kerabat, Sri Susuhunan Paku Buwono VI-X dan kerabat, serta Patih Danurejo IV-VIII. Beberapa foto keluarga kraton yang tersimpan dalam bangunan ini di antaranya Sri Sultan Hamengku Buwono X, GKR Hemas, GKR Pembayun, GRAy Suryokusumo, GRAj Noerkamnari Dewi, GRAj Noerabra Juwita, dan GRAj Noerastuti Wijareni.

Sumber: Gelaran Almanak Seni Rupa Jogja 1999-2009

0 Response to "MUSEUM LUKISAN DAN FOTOGRAFI KRATON YOGYAKARTA"

Post a Comment