Keindahan Wisata Gua Cerme Yogyakarta



Stalagtit dan Stalagmit Gua Ceme
Salah satu gua di Jogja yang patut dikunjungi  adalah Gua Cerme. Gua yang terletak di dusun Srunggo, Selopamioro, Imogiri, Jetis, Bantul ini memiliki pesona stalagtit dan stalagmit yang menakjubkan bin ajaib. Juga, aura magis bin mistik memenuhi lorongnya. Dan bagi Anda yang suka petualang, menelusuri kedalaman gua ini tentu sungguh menarik bin menantang.

Jejak Sejarah Gua Cerme
Gua Cerme pernah menjadi tempat berkumpulnya para Walisongo yang menyebarkan agama Islam di wilayah Jawa. Di Gua ini, mereka membahas rencana-rencana dakwah, termasuk rencana mendirikan Masjid Agung Demak. Lalu pada masa penjajahan, Belanda pernah mengaktifkan pembangkit tenaga listrik melalui sungai kecil di dalam Gua.
Mengenal Tempat Wisata Gua Cerme
Gua Cerme memiliki panjang sekitar  1,5 km. Ketika dimasuki, akan ditemui genangan air sedalam 1 sampai 1,5 meter pada lantainya. Gua ini terdiri dari banyak ruangan, seperti panggung pertemuan, air zam zam, mustoko, air suci, , watu kaji, pelungguhan/paseban, kahyangan, grojogan sewu, air penguripan, gamelan, batu gilang, lumbung padi, gedung sekakap, kraton, panggung, goa lawa, dan watu gantung. Di sekitar Gua Cerme, terdapat gua lain yang lebih kecil, seperti Gua Dalang, Gua Ledek, Gua Badut, dan Gua Kaum/Uwong yang sering digunakan untuk bersemedi atau meditasi.
Pesona Stalagtit dan Stalagmit Gua Cerme
Stalagmit dan stalagtit ajaib di Gua Cerme adalah daya tarik pengunjung pertama-tama. Dengan bentuknya yang beragam, antara lain bentuk gorden/tirai, bentuk shield/perisai, dan bentuk canopy/kubah membuat yang memandang terperangah takjub. Gua Cerme sendiri termasuk ke dalam goa yang masih aktif sehingga ornamen yang ada di dalam gua akan dan dapat terus berkembang.
Aura Magis di Gua Cerme
Ketika berada di dalam Gua Cerme, aura magis bin mistis mungkin akan menyentuh bulu kuduk Anda. Di dalamnya ada tempat bersemedi, dan kadang banyak dijumpai orang sedang bertapa. Kelelawar pun menambah suasana horor itu. Dan pada bulan-bulan tertentu seperti bulan Muharram selalu diadakan ritual peletakan sesajian di gua oleh penduduk sekitar maupun oleh pengunjung.  
Memasuki Lorong Gua Cerme
Goa Cerme mempunyai dua gerbang, yaitu gerbang masuk dan keluar sehingga memungkinkan untuk ditelusuri. Namun, gua ini gelap sehingga perlu senter, obor, atau penerangan lain yang wajib dibawa. Para pengunjung juga harus siap membiasakan diri untuk terendam air. Juga, terdapat banyak persimpangan dan lorong yang dapat menyesatkan sehingga sebaiknya ditemani oleh seorang penunjuk jalan yang telah biasa menelusurinya agar aman. Kesimpulannya, Gua Cerme dapat dibilang cukup aman bagi pemula yang berniat caving. (yunisa)

0 Response to "Keindahan Wisata Gua Cerme Yogyakarta"

Post a Comment