Dongeng: Kuda Berhati Mulia


            Di sebuah hutan , hidup sebuah keluarga Kuda yang bahagia. Kebahagiaan mereka baru saja ditambah dengan kehadiran anak mereka yang ketiga.  Semua hewan di hutan itu pun memberi ucapan selamat kepada keluarga bahagia itu.
            Tapi ternyata kebahagiaan keluarga Kuda mulai terusik dengan kedatangan sepasang Harimau di wilayah hutan tempat mereka tinggal. Begitu juga dengan ketentraman hidup hewan lain yang juga berubah menjadi kekhawatiran. Baru seminggu saja, pasangan Harimau itu sudah memangsa dua ekor Kambing dan tiga ekor Rusa.
            Suatu hari, Harimau jantan datang ke tempat  dimana keluarga Kuda tinggal. Kebetulan yang ada saat itu cuma Kuda betina dan anaknya yang masih kecil.
            “Hei, cepat serahkan anakmu kepadaku. Istriku yang sedang mengandung sangat ingin makan daging Kuda muda.” Pinta Harimau itu dengan nada kasar.
            “Tolong jangan ambil anak saya tuan Harimau, dia masih terlalu kecil.” Kuda pun memohon. 
            “Ah… sini cepat berikan!” Harimau merebut anak Kuda itu secara paksa. Dia tak menghiraukan Kuda betina yang terus menangis dan terus memohon. kemudian anak Kuda malang itu dibawanya pergi.
            Keluarga Kuda pun sangat bersedih ditinggal oleh Kuda kecil yang baru berumur tiga bulan itu. Mereka tak bisa berbuat apa-apa kecuali berdoa kepada Tuhan agar Harimau itu diberikan kesadaran.
            Tiga bulan kemudian bayi yang dikandung Harimau betina telah lahir. Tapi Harimau betina meninggal setelah melahirkan kedua bayinya. Kesedihan pun dirasakan Harimau jantan. Dia baru sadar bahwa ditinggal keluarga yang disayangi itu sangat menyakitkan.
            Kedua bayi Harimau terus menangis. Kelihatannya mereka sangat lapar dan sangat butuh air susu. Harimau jantan jadi bingung, kepada siapa dia harus minta tolong. Setiap hewan yang ingin dimintai tolong supaya menyusui bayinya malah lari ketakutan.
            Mendengar kabar itu, Kuda betina merasa kasihan. Dan atas izin Kuda jantan, Kuda betina pun langsung mendatangi Harimau. 
            “Apa boleh saya menyusui bayi tuan?” Kuda betina menawarkan jasanya.
            “Ha, kamu mau menyusui anak-anakku, tapi kan aku sudah mengambil anakmu, mengapa kau masih mau menolongku?” ucap Harimau.
            “Karena saya kasihan pada bayi-bayimu.”
            “Kalau begitu, terimakasih atas pertolonganmu. Kamu sungguh berhati mulia.” Ucap Harimau yang air matanya mulai berleleran.
            Mulai saat itu, Kuda betinalah yang terus menyusui bayi-bayi Harimau. Dia bahagia bisa menyusui bayi-bayi Harimau yang lucu. Kemudian Harimau berjanji tidak akan memangsa hewan-hewan di wilayah hutan itu. Dan kehidupan di hutan pun menjadi damai. (@yunisap, dongeng)

0 Response to "Dongeng: Kuda Berhati Mulia"

Post a Comment